Program Magang dan Studi Independen

download 

materi :

Workshop PIC Kampus MSIB-KampusMerdeka

panduan untuk mahasiswa :

Panduan untuk Mahasiswa – v1.0

Link :

  1. Apa itu Magang? | Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (kemdikbud.go.id)
  2. People Development in Distribution | Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (kemdikbud.go.id)
  3. Magang Merdeka (@magangmerdeka) • Instagram photos and videos
  4. http://bit.ly/MateriMagangStudiIndependen

dokumen ini sudah dibagikan kepada calon mitra dan menjadi panduan mereka untuk membuat program magang dan studi independen berkualitas, project based, cross function, adanya dedicated professional mentor dgn perbandingan 1:10 untuk magang dan 1:25 untuk studi independen, learning design yg menghasilkan kompetensi masa depan dll…

Mahasiswa Indonesia, Siapkah Kamu Menghadapi Tantangan?

Kegiatan Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka ini adalah sebuah upaya pemerintah untuk menjembatani dan mengamankan ketersediaan talenta berkualitas bagi industri nasional yang membutuhkan solusi alternatif untuk mendapatkan talenta yang sesuai dengan kualifikasi dan cocok dengan budaya organisasi, sehingga bisa memberikan kontribusi yang nyata dalam jangka waktu yang lama.

Kesempatan dan informasi untuk mengikuti program Magang dan Studi Independen Bersertifikat untuk Mahasiswa akan mulai dibuka 10 Juni 2021 malam, dan setiap harinya akan ada kesempatan baru yang akan dipublikasikan oleh Mitra.
PIC Kampus bisa melihat kesempatan dan skills apa yang dipelajari melalui platform Kampus Merdeka.
Untuk akses PIC Kampus untuk melihat daftar mahasiswa yang mendaftar sedang dikembangkan oleh tim, dan akan diinfokan segera setelah bisa diakses.

Live IG :

Magang Merdeka on Instagram: “Seperti apa sih magang berkualitas tinggi yang didesain oleh Mitra? Yuk, #rekanmagang kita simak bersama dalam IG Live bersama Tanihub…”

Magang Merdeka on Instagram: “Nah! Kamu kamu kamu kamu yang kemarin bilang peduli dengan ketahanan pangan nasional, atau merasa yakin bahwa kehidupan petani Indonesia…”

Magang Merdeka on Instagram: “Kebijakan Magang dan Studi Independen Kampus Merdeka direspon sangat baik oleh ratusan perusahaan dan organisasi berkualitas termasuk…”

Sosialisasi

Kegiatan yang akan diadakan :

1. Internship Preparation Program Series for Students
Mahasiswa memahami konsep MSIB dan bisa mengikuti proses seleksi dan menjalani magang dengan baik (jika diterima)

2. Webinar Series from Partners
Mahasiswa mendapatkan gambaran perusahaan mana saja yang membuka program magang dan studi independen, dan memiliki gambaran program mana yang akan dipilih

3. Instagram Live
Mahasiswa mendapatkan paparan terus menerus mengenai MSIB dan meneruskan berita mengenainya ke lingkungannya di media sosial

4. Podcast Microcredential
Memberikan pandangan lain mengenai MIcrocredential, terkait kampanye Kampus Merdeka dan kebijakan MBKM

Q n A

1. Ada beberapa program perusahaan magang yang tersedia dengan batas pendaftarannya hanya sampai bulan Mei. Apakah mahasiswa masih bisa mendaftarkan diri ke program perusahaan tersebut atau bagaimana?
2.untuk program magang selama pandemik ini bagaimana sistemnya? Dan apakah program magang harus sesuai dgn bidang yg sdg kita pelajari (hukum,ekonomi,dll…)?
3. Saya dari mhs blended, yg kebanyakan sudah pada bekerja, berapa lamakah program magang ini? Apakah mahasiswa harus berhenti bekerja dan magang ditempat baru? dan apakah ada penghasilan dari magang tersebut?
4. mohon maaf kalau magang di semester berapa ? prodi Pendidikan Agama Islam bagaimana ? bisa kah di instansi pemerintah

1. Yep, tidak apa2 itu masih bisa kok dilamar, kalau kesulitan saat ini, khabari yaa… FYI, baru hari pertama dibuka, Paragon (wardah) sudah 10 ribu pelamar…

2. prinsipnya selama dia melamar dan kmdn lolos seleksi industri dia bisa ikut program ini, dan mayoritas industri menggunakan blended, perpaduan daring dan luring (luring sangat menyesuaikan dgn protokol kesehatan)

3. kalau ini tergantung banget mahasiswa tersebut, tentu ketika proses seleksi hal seperti ini akan terdeteksi oleh industri, yess.. uang saku adalah subsidi pemerintah, kalau ada tambahan dari industri itu berkah namaya.. 🙂
4. Yep di tahun ketiga dan keempat per Agustus 2021 nanti…
Yep memungkinkan doong, bisa magang di DPR atau yg membutuhkan semua jurusan/prodi, tergantung dia lolos seleksi atau tidak..

Untuk program Magang dan Studi Independen Bersertifikat jika saya lihat di website memang terpisah ya programnya (pilihannya). Artinya mahasiswa bisa memilih hanya ambil magang saja atau ambil studi independen atau mungkin bisa keduanya. Bisa mendaftar keduanya, tapi seleksi dr industri dan nantinya hanya satu yg bisa diikuti..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 7 = 3