Program Bantuan Akselerasi Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Tinggi

Keberhasilan implementasi kurikulum di perguruan tinggi ditandai dengan adanya perubahan pola pikir dari cara pandang kurikulum berbasis konten yang kaku menjadi kurikulum berbasis capaian pembelajaran yang inovatif, adaptif, dan kolaboratif untuk menyiapkan lulusan menjadi insan dewasa yang mampu berdikari. Kurikulum yang inovatif dan adaptif adalah kurikulum yang berorientasi kepada kebutuhan keterampilan abad 21, job landscape, science vision, perkembangan teknologi, serta mampu merekognisi aktivitas program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Sedangkan kurikulum yang kolaboratif adalah kurikulum yang dikembangkan bersama dengan mitra, diantaranya adalah program studi sejenis, pemangku kepentingan, serta dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Di sisi lain, rancangan kurikulum yang mengakomodir berbagai perubahan dan kebutuhan di atas, diharapkan dapat menjadi dasar bagi program studi, tidak hanya untuk memfasilitasi mahasiswanya di dalam mengikuti berbagai Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) MBKM, tetapi juga dapat menjadi modal bagi program studi untuk menyelenggarakan kampus merdeka mandiri yang dapat diikuti oleh mahasiswanya dan mahasiswa dari program studi lain di perguruan tinggi sendiri maupun dari perguruan tinggi lain.

Merespon kebutuhan program studi untuk melakukan rekonstruksi ataupun reorientasi kurikulum yang inovatif, adaptif, dan kolaboratif, maka Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi membuka kesempatan kepada perguruan tinggi program Sarjana di jenis pendidikan akademik, untuk mengajukan proposal Program Bantuan Akselerasi Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Tinggi Mendukung Kampus Merdeka Mandiri Tahun 2024.

Adapun panduan penyusunan proposal program bantuan dapat diunduh melalui laman . Panduan Program Bantuan ini tidak terpisahkan dengan Buku Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi yang dapat diunduh melalui tautan .

Ketentuan pengajuan proposal adalah sebagai berikut:
1. Proposal disusun oleh Program Studi dan dikirimkan oleh Perguruan Tinggi secara kolektif disertai dengan Surat Pengantar dari Perguruan Tinggi dengan mengisi google formulir pada tautan .
2. Ukuran masing-masing proposal yang diunggah tidak lebih dari 10 MB dengan format PDF.
3. Proposal selambat-lambatnya diterima oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan pada tanggal 23 April 2024 pukul 23:59 WIB.

Program Studi yang akan mengirimkan proposal diwajibkan untuk mengikuti kegiatan Sosialisasi Program Bantuan Akselerasi Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Tinggi Mendukung Kampus Merdeka Mandiri. Sosialisasi  dilaksanakan secara daring, registrasi dan informasi selengkapnya dapat diakses melalui tautan .

Materi Sosialisasi :

  1. Materi Power Point : Download
  2. Panduan Program : Download
  3. Pengumuman Penerimaan : Download

Timeline :

Video Sosialisasi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 2 = 4