Lembar Download
Format Petunjuk Pra Perkuliahan-Kelas Google Classroom : Download
Materi Petunjuk Perkuliahan Daring UNITRI : Download
SOSIALISASI PBM SEMESTER GANJIL 202021 : Download
Tutorial Pra Perkuliahan Bagi Mahasiswa :
Tutorial Unggah Petunjuk Pra Perkuliahan di SIAPNG untuk dosen
Tutorial Untuk Dosen
Tutorial Google Classroom untuk dosen : Download
Tutorial Google meet untuk dosen : Download
Tutorial Zoom Meeting untuk dosen: Download
Tutorial Janitra untuk dosen :
- Tutorial mendaftarkan diri ke janitra : Download
- Tutorial cara edit profil : Download
- Tutorial membuat cover, apersepsi kuliah, dan menambah gambar : Download
- Tutorial menambah materi dan aktivitas mahasiswa : Download
- Tutorial menambahkan presensi :Download
Tutorial untuk Mahasiswa
Tutorial Janitra untuk Mahasiswa :
Keputusan Bersama Empat Menteri Nomor 01/KB/2020 tanggal 15 Juni 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19),
“Metode pembelajaran di perguruan tinggi pada semua zona wajib dilaksanakan secara daring untuk mata kuliah teori dan sedapat mungkin juga untuk mata kuliah praktik.”
Guna melakukan persiapan perkuliahan semester ganjil 2020/2021 yang akan berlangsung secara daring, Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) menggelar sosialisasi bagi seluruh dosen, Selasa (8/9) via zoom. Dalam sosialisasi yang diikuti oleh keseluruhan dosen yang mengampu kelas di semester ganjil 2020/2021 tersebut, tiga Unit Lembaga Internal UNITRI menjadi pembicara diantaranya Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LPPP), Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) dan Biro Akademik (BAK).
Kepala Bagian Regitrasi dan Data Proses Belajar Mengajar Biro Akademik UNITRI, Pramono Sasongko, S.TP., M.P., M.Sc menjelaskan, materi yang disampaikan oleh Biro Akademik berkaitan dengan petunjuk teknis pra perkuliahan.
“Materinya ada Pemaparan Dasar dan Petunjuk Teknis Perkuliahan Daring, Petunjuk Teknis Pra Perkuliahan, Teknis Administrasi perkuliahan, Tutorial mengelola Google Classroom, JANITRA, ZOOM Meeting, dan Google Meet.” Ungkapnya.
Sementara materi lain yang disampaikan dalam sosialisasi berkaitan dengan petunjuk teknis pembelajaran semester ganjil 2020/2021 dari Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LPPP), petunjuk teknis pembuatan akun zoom dan google classroom sebelum awal perkuliahan dari Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) dan petunjuk teknis pra perkuliahan dari Biro Akademik (BAK).
Adapun materi pembuatan akun zoom diantaranya dimulai dengan pendaftaran akun, pembuatan jadwal pertemuan atau interaksi menggunakan aplikasi Microsoft windows, cara memulai interaksi dan penggunaan zoom untuk kegiatan perkuliahan, melakukan presentasi dengan share screen pada zoom, merekam meeting atau pertemuan, hingga melakukan print screen pada Microsoft windows. Sementara untuk materi pembuatan akun di google classroom dimulai dari menyiapkan google, cara menjadi penyedia rapat/host, menerima notifikasi, memulai rapat, membuat kelas, memulai kuliah, mengupload materi, membuat tugas, kuis, melihat tugas sampai merekap nilai.